Jumat, 06 Mei 2011

Perbedaan Mahasiswa Dulu dengan Mahasiswa Sekarang

Pengertian mahasiswa dalam kamus baik secara bahasa maupun istilah saya kira dari dulu sampai sekarang belum berubah. Secara bahasa Maha siswa berasalah dari dua kata Maha dan siswa, maha tentu mengandung arti yang paling, siswa ya orang kerjanya belajar atau pelajar, sedangkan menurut Istilah ya mahasiswa adalah orang yang tercatat pada suatu perguruan tinggi sebagai mahasiswa dan mengikuti semester berjalan.
Yang berubah adalah karakter mahasiswa, mahasiswa dahulu sangat lengket dengan karakter keilmuan, sehingga ke mana-mana mereka membawa buku dan pulpen, ya pulpen di tangan kanan buku ditangan kiri, mereka sangat dihormati oleh masyarakat, sekarang ini karkater itu sudah mulai hilang, mahasiswa sekarang ditangan kanan ada HP, tapi sering lupa bawa buku dan pulpen, satu lagi mereka sudah memiliki fasilitas yang lengkap dengan laptop yang selalu menyertainya. 
Yang menyakitkan karena mereka sudah tidak dapat menghormati dosennya. Mahasiswa dulu ketika ketemu dosen begitu segan dan hormat dan itu dilakukan dengan sepenuh hati tidak di buat-buat, mahasiswa sekarang tetap hormat tetapi itu dilakukan ketika dosennya ada di depan bahkan ada yang mencium tangan dosennya, tapi itu hanya sebuah kamurflase, karena ketika mereka diberi nasehat mereka tidak mau menerima. Prilaku-prilaku inilah yang mengakibatkan masyarakat tidak lagi terlalu hormat kepada mahasiswa, bahkan dulu ketika ada perkelahian sering masyarkat mengatakan eh jangan berkelahi kamu ini kayak tukang becak aja, sekarang justru tukang becak mengatkan jangan suka berkelahi kayak mahasiswa saja. Ini menandakan betapa mahasiswa sekarang sangat dekat dengan dunia anarkis. 



sebagai mahasiswa sekarang, memang aku merasa beda sekali dengan mahasiswa zaman dulu, mungkin kemajuan teknologi ikut ambil bagian dalam mengubah karakter maupun perilaku mahasiswa. sekarang hp, flashdisk, laptop/PC menjadi denyut nadi kehidupan bermahasiswa. dengan barang-barang itu, semua dianggap lewat saja. perpustakaan seolah-olah jelmaan monster buku sehingga para mahasiswa enggan untuk kesana. bila dapet tugas, tinggal tanya mbah google saja, parahnya mereka cuma mengcopas tanpa ikut nyantumin referensi yang dah dikutip (pelanggaran hak cipta tu), lebih miris lagi udah ngopas, gag nyantumin referensi, gag dibaca ulang lagi.
aku ngaku juga deh, aku bagian dari tipe tersebut,, tapi sekarang berusaha buat menjauhi sifat buruk itu, karena tak rasa-rasa rugi juga. udah capek-capek kuliah gak dapet ilmu pula(nyadarnya kok pas udah semester tua ni hiks..hiks..hiks..) tpi gak pa2 lebih baik telat sadar daripada gak sadar sama sekali.





sumber: http://nurdinmappa.wordpress.com/2010/09/23/perbedaan-mahasiswa-dulu-dengan-mahasiswa-sekarang/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar