Senin, 16 Mei 2011

jalan rusak, mengapa???

jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas. keberadaan jalan menjadi sangat penting karena sifat manusia yang sangat mobil dari satu tempat ke tempat lain. adanya jalan membuat orang lebih mudah untuk mencapai tujuan.
Namun, sering dijumpai kondisi jalan yang sudah rusak, berlubang, bergelombang, dan tentu saja membuat pengguna jalan menjadi tidak nyaman, bahkan kadang bisa-bisa membuat nyawa melayang (hiiiiii seeereeeemmm). Salah satu jalan rusak yang dapat saya sebutkan adalah jalan yang membentang di  desa Kepuhharjo, Malang.
Kebetulan salah satu kebun praktikum FP UB terletak di Desa Kepuhharjo, dan kegiatan praktikum mengharuskan untuk pergi ke lokasi tersebut. 
perjalanan menuju kebun praktikum sungguh sangat menyebalkan, dan tak aman pula,
disana sisi banyak dijumpai lubang-lubang menganga dan terisi air kalo hujan datang,
selain lubang, ada sebagian jalan yang permukaannya hampir rata dengan tanah alias aspalnya sudah mengelontok (mengelupas).  padahal jalan tersebut merupakan salah satu jalan penting karena menghubungkan antara Kota Malang dengan kecamatan KarangPloso . banyak warga yang setiap hari riwa-riwi melintasi jalan tersebut.
liat ni jalannya mau ilang aspalnya






yang ini jalannya berlubang-lubang (kayak sundel bolong hehehe)





Mau nyampek kebun Praktikum ni


Yang jadi pertanyaan
mengapa jalan bisa rusak? apakah dari segi pembuatan memang kurang bagus, (lapisan aspal tipis, dll)? Atau penggunaan jalan yang tidak tepat (Truck  lewat disini padahal peruntukan terbatas untuk kendaraan kecil)
bagaimana solusi terbaik untuk mengatasi jalan rusak ini? apakah dengan perbaikan ala kadarnya dengan menambal lubang-lubang tadi? atau melakukan perbaikan secara keseluruhan (menambah lapisan aspal., konstruksi yang lebih baik dsb)?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar